Minggu, 16 Juni 2013

Tips Memilih Password Yang Baik

Sekarang ini orang sering menyepelekan password, padahal password adalah hal penting dan tak boleh sembarangan dalam membuat maupun menjaga kerahasiaannya. Namun  orang kadang salah mengartikan fungsi password. Sekarang orang lebih cenderung membuat password dengan kata-kata yang mudah diingat dan dekat dengan si pembuat password, misalnya nama pacar, nama istri, nama suami, nama hewan peliharaan, tanggal lahir, bahkan hanya dengan mengisi dengan kata “password” itu sendiri, dengan begitu tanpa sengaja membuat lubang atau celah keamanan yang besar jika dilihat dari sisi keamanan. Ibaratnya, kita akan berpergian dan kita sering menyimpan kunci di bawah pot, rak sepatu, bawah keset, dll. Jika sang maling handal sudah tentu sang maling tahu tempat penyimpanan tersebut. Password yang biasanya digunanakan oleh user yang tidak peduli akan keamananya biasanya, seperti dibawah ini :
  1. Nama belakang user
  2. Nama istri
  3. Nama pacar
  4. Tempat lahir
  5. Tanggal lahir
  6. Kode pos user
  7. Beberapa kata yang berhubunagn dengan user
Contoh Password yang Buruk
Seperti penulis katakan tadi password yang buruk adalah password yang mudah ditebak, karena password tersebut mudah diingat, bersifat umum dan banyak berhubungan dengan si pembuat password. Karena password yang dibuat oleh user memenuhi kriteria di atas, maka dengan mudah cracker dapat menebak dan menjebol password dengan mudah. Tanda-tanda password yang buruk :
  1. Terdiri dari 2 hingga 7 karakter atau kurang
  2. Terdiri dari 1 suku kata, misalnya bunga, andi, sepatu, anisa, dll
  3. Tidak terdiri dari campuran angka dan huruf
  4. Terdiri dari angka dan huruf tetapi masih ada artinya, misalnya adm1n, h4ck3r, cr4ck3r, ku3, 4nd1,dll
  5. Terdiri dari tanggal lahir
Cracker biasanya menggunakan list dari kamus untuk mengecek password yang hanya terdiri dari satu suku kata, contoh crack lis dari para cracker :
12345
Abc123
Password
Computer
123456
Tigger
1234
A1b2c3
Qwerty
123
Xxx
Money
Test
Carmen
Mickey
Secret
Summer
Internet
Service

Contoh Password yang Baik
Memang password yang baik akan lebih sulit untuk diingat, dari pada password yang buruk, tetapi dari segi keamanan tentu akan lebih baik dari pada password yang buruk, tetapi walaupun password anda baik akan percuma apabila anda mencatatnya di catatatan kecil dan di tempel di kulkas, depan pintu, depan komputer, di warnet, dll. Berikut spesifikasi password yang baik :
  1. Terdiri dari 7 karakter atau lebih
  2. Terdiri dari 2 suku kata, misalnya, makanapa, minumair, bingaditaman, tamanlangit, namakusiapa, dll
  3. Terdiri dari campuran angka dan huruf misalnya, 1xx2bgh, ghj556yu, 78iirt
  4. Tidak terdiri dari tanggal lahir
Hal tersebut dapat menghindari dan mempersulit para cracker dalam membobol password kita. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar